Ingin Punya EFIN, Wajib Pajak Harus Ajukan Permohonan Ke KPP

Ingin Punya EFIN, Wajib Pajak Harus Ajukan Permohonan Ke KPP

Direktorat Jenderal Pajak kini membuka lebar-lebar pintu bagi wajib pajak yang ingin melaporkan pajaknya dengan mudah dan cepat, adalah fasilitas E-filing di mana wajib pajak bisa melaporkan SPT Tahunan melalui internet. Sebelum menggunakan e-filing, wajib pajak diharuskan untuk memiliki EFIN, jadi jika berminat untuk melaporkan pajak secara online segera datangi KPP untuk mengajukan permohonan aktivasi secara mandiri sehingga Anda bisa memiliki EFIN sendiri. Berikut ini syarat-syarat pengajuanĀ  untuk permohonan aktivasi EFIN di KPP:

Mengisi Formulir Dengan Data yang Akurat

Saat mengajukan sesuatu, tentunya Anda membutuhkan formulir pengajuan supaya apa yang diajukan disetujui oleh pihak tertentu, sama halnya ketika hendak mengajukan aktivasi EFIN konsultan pajak jakarta, Anda pun diharuskan untuk mengisi formulir dengan mencantumkan data-data yang akurat dan bisa dipertanggung jawabkan, tidak lupa pula membubuhkan tanda tangan, pengisian formulir ini baiknya dilakukan di KPP jadi bisa langsung ditangani oleh petugas yang berwenang.

Berkas Kelengkapan Asli dan Aktif

Saat mengisi formulir, ada beberapa persyaratan pencantuman berkas-berkas kelengkapan, seperti KTP, SKT, dan juga NPWP. Jika Anda bukanlah warna negara Indonesia, maka Anda bisa menunjukkan KITAP/KITAS/PASPOR. Pastikan semua data pribadi yang dibutuhkan berada dalam masa aktif dan asli, jadi ketika diberikan ke tugas yang berwenang bisa langsung disesuaikan dengan data formulir yang sudah Anda kumpulkan sebelumnya.

Alamat Email dan Nomor Telepon Aktif

Setelah formulir dan berkasnya disetujui oleh pihak yang berwenang, maka Anda diwajibkan untuk memberikan nomor telepon dan alamat email yang masih aktif, keduanya sangat penting sebagai sarana komunikasi dalam pelaksanaan hak dan juga kewajiban Anda sebagai wajib pajak.

Setelah memenuhi syarat, petugas KPP akan melakukan aktivasi EFIN kemudian mencetaknya. Simpan dengan baik EFIN tersebut supaya nanti bisa digunakan untuk melaporkan SPT Tahunan pajak di tahun berikutnya dengan memanfaatkan e-filling. Ada pun formulir permohonan aktivasi EFIN tersedia di KPP atau bisa Anda unduh melalui pajak.go.id. Untuk wajib pajak pribadi, batas waktunya akhir maret ini sedangkan wajib pajak badan, akhir bulan April tahun 2018.