Tips Jitu Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi dan Pencegahannya

Semua orangtua tentu menginginkan sang anak selalu sehat dan riang. Terkadang ada saat ketika bayi tiba-tiba rewel tak terkendali karena perut kembung. Orangtua perlu mengetahui cara mengatasi perut kembung pada bayi yang tepat agar ketidaknyamanan bayi tidak berlangsung lama. Pemahaman mengenai cara merawat bayi yang tepat ini mutlak diperlukan agar kesehatan dan kenyamanan bayi selalu terjaga.

cara mengatasi perut kembung pada anak bayi

Ketika bayi mengalami perut kembung, Anda harus segera mengambil tindakan cara mengatasi perut kembung pada bayi. Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah :

  • Bebaskan bayi untuk bergerak aktif

Gerakan-gerakan yang dilakukan bayi ternyata dapat membantu mengeluarkan gas-gas yang terperangkap di daluran cernanya. Gas-gas ini akan terdorong dengan pergerakan aktif bayi dan keluar melalui sendawa ataupun kentut.

  • Hentikan pemberian sayur-sayuran yang memicu produksi gas di dalam lambung

Sebaiknya Anda menghindari pemberian jenis-jenis sayuran tertentu seperti kembang kol, kubis ataupun kacang pada makanan pendamping ASI si kecil jika mereka sedang mengalami perut kembung.

  • Menepuk-nepuk bagian punggung bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi ini cukup efektif. Anda bisa menggendong bayi dengan posisi tegak di salah satu bagian pundak Anda sambil menepuk pelan bagian pungung bayi. Cara ini dapat memicu bayi untuk bersendawa dan mengeluarkan gas-gas di dalam perut.

  • Mengoles perut bayi dengan minyak telon

Memberikan minyak kayu putih atau minyak telon yang hangat ternyata bisa membantu meredakan perut kembung pada bayi. Oleskan minyak telon searah jarum jam secara perlahan.

Sebelum terjadi perut kembung pada bayi akan jauh lebih baik jika Anda melakukan beberapa langkah pencegahan. Cara mencegah terjadinya perut kembung pada bayi dapat dilakukan pada kegiatan sehari-hari dalam merawat bayi, diantaranya :

  • Sesuaikan cara dan posisi menyusui

Posisi menyusui yang kurang tepat dapat memicu perut kembung. Pastikan posisi kepala bayi lebih tinggi dari perut bayi ketika menyusui. Selain itu, ketika bayi Anda menyusu pastikan bagian puting serta aerola masuk ke dalam mulut bayi untuk menghindarkan bayi menghisap udara dari luar.

  • Selalu sendawakan bayi setelah menyusui

Pada saat menyusui sangat dimungkinkan ada banyak udara yang terbawa masuk ke dalam perut si kecil. Biasakan untuk menstimulasi bayi untuk bersendawa dengan menepuk pelan bagian punggung bayi.

  • Pijat bagian perut bayi setelah mandi menggunakan minyak telon

Mengoleskan minyak telon ke bagian tubuh bayi setelah mandi khususnya ke bagian perut dapat membantu menghangatkan tubuh bayi dan mencegah perut kembung.

SumberĀ https://www.zwitsal.co.id/momen-perawatanku/cara-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi-baru-lahir

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang tepat dapat membuat bayi selalu merasa nyaman dan tidak rewel. Salah satu perlengkapan bayi yang harus ada di rumah untuk menangkal perut kembung ini adalah minyak telon. Minyak telon Zwitsal dapat memberikan kehangatan dan membantu mencegah perut kembung si kecil.

1